Nugraha, Deby Fitr and Siagian, Teddy Alfran and Susanto, Edi (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP N 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DEBY FITRA NUGRAHA_A1C020066_compressed_compressed-dikompresidikompresi_compressed (1)_compr - Deby Fitra Nugraha.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Salah satu materi yang dipelajari dalam matematika adalah bangun ruang sisi datar. Bangun ruang sisi datar merupakan pembelajaran matematika yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan materi prasyarat untuk materi selanjutnya. Namun kemampuan siswa dalam memecahkan masalah terkait materi bangun ruang sisi datar masih tergolong rendah. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah guru masih menggunakan model konvensional dimana model ini berpusat pada guru. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah Model Project Based Learning. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment research) dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini ialah kelas VIII C dengan 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B dengan 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan perhitungan nilai N-Gain. Hasil dari uji t, diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:36 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22673 |
Actions (login required)
View Item |