PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 REJANG LEBONG

Ilmiati, Huffazhoh and Siagian, Teddy Alfran and Stiadi, Elwan (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Huffazhoh Ilmiati (A1C020067) - Huffazhoh Ilmiati.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melatarbelakangi penelitian ini. Siswa mengalamai kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, untuk mengetahui tingkat sebaran kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kategori tingkat kemampuan pemecahan masalah sangat baik, tingkat kemampuan pemecahan masalah baik, tingkat kemampuan pemecahan masalah cukup, tingkat kemampuan pemecahan masalah kurang, dan tingkat kemampuan pemecahan masalah sangat kurang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain posttest only control group design. Subjek penelitian ini yaitu 22 orang siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri 7 Rejang Lebong pada semeseter genap tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil perhitungan penelitian menunjukkan bahwa rata�rata kelas eksperimen sebesar 86,35 dan kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 78,93. Hasil pesenlitian didapat bahwa 1) terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah, 2) tingkat kemampuan pemecahan masalah kategori sangat baik sebesar 72,72%, 3) tingkat kemampuan pemecahan masalah kategori baik sebesar 27,23%. Kata Kunci : Problem Based Learning, Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:51
Last Modified: 21 Oct 2024 01:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22675

Actions (login required)

View Item View Item