Alsamgi, Dean and Sumardi, Hari and Yensy, Nurul Astuty (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FORMATIF MODEL PISA KONTEKS BENGKULU PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi_A1C019039_Dean Alsamgi - 039 Dean Alsamgi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Matematika memiliki beragam konten dan konteks permasalahan, serta berbagai tes untuk mengukur kemampuan. Salah satunya adalah tes PISA yang dikembangkan oleh OECD. Indonesia secara konsisten berada di peringkat bawah dalam tes ini, sehingga diperlukan pengembangan instrumen tes PISA dengan konteks daerah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan instrumen tes formatif matematika model PISA dengan konteks Bengkulu yang valid, reliabel, dan efektif dalam mengukur kemampuan literasi matematika peserta didik. Penelitian ini menggunakan model 4D (define, formulate, development, disseminate) dan melibatkan 32 peserta didik kelas VIII B (uji coba) dan 28 peserta didik kelas VIII E (uji lapangan) di SMP N 11 Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian dan pengembangan instrumen tes formatif matematika model PISA konteks Bengkulu memenuhi kriteria seperti berikut, kualitas instrumen tes valid dan reliabel, valid dalam pengujian validitas ahli dan validitas empiris dimana uji validitas ahli valid berdasarkan indeks Aiken’s v untuk seluruh kategori (isi, konstrk, dan Bahasa) pada seluruh indikator penilaian dan untuk uji validitas empiris tergolong valid dengan hasil koefisien rhitung = 0,77, lalu reliabel berdasarkan uji reliabilitas dengan cronbach alpha sebesar 0.774, tingkat kesukaran ke empat butir soal berada pada kategori sedang, serta daya pembeda soal 1, 2, dan 4 tergolong dalam kategori cukup dan soal nomor 3 tergolong kategori baik. Instrumen tes formatif model PISA konteks Bengkulu efektif, karena dapat mengukur dan menilai kemampuan literasi peserta didik berdasar indikator penalaran matematika Kata Kunci: Instrumen Tes Formatif, Penelitian dan pengembangan, Model PISA, Konteks Bengkulu, Literasi Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:52 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:52 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22681 |
Actions (login required)
View Item |