PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VII SMP

Ardianti, Delsa and Haji, Saleh and Susanta, Agus (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Delsa Ardianti_A1C020001 - Delsa Ardianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi geometri, yang terlihat dari hasil ulangan harian di mana lebih dari 70% siswa memperoleh nilai di bawah 75. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya inovasi media pembelajaran yang efektif di sekolah. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan e-LKPD berbasis Realistic mathematics education (RME) pada materi prisma dan limas untuk kelas VII SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian desain pendidikan tipe development studies dengan dua tahapan Tessmer yaitu tahap pendahuluan (preliminary stage) dan tahap pembuatan prototipe (prototyping stage). Pada tahap pembuatan prototipe dilakukan evaluasi formatif dengan lima uji yaitu self-evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan e-LKPD berbasis RME untuk pemahaman konsep matematika pada materi prisma dan limas kelas VII SMP termasuk dalam kategori: (1) valid berdasarkan empat aspek yaitu aspek materi, konstruk, bahasa, dan media; (2) praktis dengan rata-rata persentase dari e�LKPD pertemuan 1 hingga 4 sebesar 87,89%; dan (3) efektif berdasarkan ketuntasan belajar klasikal yaitu 85,19% peserta didik yang tuntas memperoleh nilai lebih dari 75. Kata kunci : E-LKPD, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Penelitian Desain Pendidikan, Prisma dan Limas, RME

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:52
Last Modified: 21 Oct 2024 01:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22682

Actions (login required)

View Item View Item