PENGARUH PEMBELAJARAN METODE TUTOR SEBAYA BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Azizah, Nur and Agustinsa, Ringki and Maulidiya, Della (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN METODE TUTOR SEBAYA BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Nur Azizah_A1C019033 - Nur Azizah (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran metode tutor sebaya berbantuan handout terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ialah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk soal uraian, yaitu tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Analisis data instrument tes menggunakan uji independent sampel t tast. Hasil penelitian menunjukkan nilai dan nilai signifikan (2-tailed) kurang dari nilai signifikan dengan nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen lebih besar dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran metode tutor sebaya berbantuan handout terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Kata kunci: Tutor Sebaya, Handout, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:52
Last Modified: 21 Oct 2024 01:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22687

Actions (login required)

View Item View Item