PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK PEMECAHAN MASALAH PERBANDINGAN TRIGONOMETRI BAGI SISWA SMK

Pratiwi, Refina and Maulidiya, Della and Siagian, Teddy Alfran (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK PEMECAHAN MASALAH PERBANDINGAN TRIGONOMETRI BAGI SISWA SMK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_REFINA PRATIWI_AC020043_Pend. Matematika - Refina Pratiwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini yaitu siswa belum dapat memecahkan masalah perbandingan trigonometri secara sistematis dengan benar dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Creative Problem Solving untuk pemecahan masalah perbandingan trigonometri bagi siswa kelas X SMK menggunakan Design Research model Plomp. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar kepraktisan, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan LKPD ini memenuhi kriteria sangat valid mencakup 13 aspek isi, 15 aspek konstruk, dan 7 aspek bahasa. Perbaikan dilakukan terkait penyajian konsep trigonometri, satuan panjang sisi loyang kue, pemberian arahan pada tahap brainstorming, penulisan tujuan pembelajaran, gambar yang kurang jelas dan tidak memuat keterangan, kalimat perintah pada tahap brainstorming dan evaluation and selection, penggunaan tanda baca, pengetikkan, serta penulisan kalimat tanya pada kesimpulan. LKPD ini dinyatakan praktis berdasarkan aspek usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfaction, dimana pada aspek ease of use terdapat catatan dari peserta didik mengenai penambahan keterangan masalah 1 dan masalah 2 di LKPD ke-1 dan susunan urutan pertanyaan pada kesimpulan LKPD ke-2. LKPD ini juga dinyatakan efektif berdasarkan dari ketuntasan belajar secara klasikal pada tes akhir yang mencapai 90% siswa dengan nilai lebih dari sama dengan 75 dan tes setiap LKPD yang mencapai rata-rata 93,33% siswa dengan nilai lebih dari sama dengan 75. Selain itu, rata-rata nilai peserta didik pada indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, dan melaksanakan rencana penyelesaian berada pada kategori sangat baik, sedangkan pada indikator memeriksa kembali berada pada kategori baik. Karakteristik khusus LKPD ini yakni terletak pada tahapan brainstorming dan evaluation and selection dimana pada kedua tahap ini memungkinkan siswa bersama kelompoknya untuk dapat merencanakan penyelesaian masalah dengan benar dan tepat yang dibuktikan dengan nilai rata�rata indikator merencanakan penyelesaian masalah lebih tinggi dari tiga indikator lainnya. Kata Kunci : LKPD, Creative Problem Solving, Pemecahan Masalah, Plomp.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:52
Last Modified: 21 Oct 2024 01:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22689

Actions (login required)

View Item View Item