PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 6 BENGKULU TENGAH

Oktaviani, Weni and Rahimah, Dewi and Stiadi, Elwan (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 6 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
WENI OKTAVIANI SKRIPSI - Weni Oktaviani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 6 Bengkulu Tengah dikategorikan rendah. Hal ini disebabkan karena bahan ajar dan metode pembelajaran yang digunakan kurang optimal untuk diterapkan di sekolah yang menggunakan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbentuk elektronik berbasis Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah yang valid, praktis, dan memiliki potensi efektifitas. Penelitian ini adalah penelitian desain model Tessmer dengan tipe development studies dengan dua langkah, yaitu preliminary (persiapan dan penyusunan) dan formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test). Penelitian ini menghasilkan LKPD elektronik berbasis Guided Discovery Learning yang termasuk ke dalam kategori (1) Valid dari segi materi, konstruksi, bahasa, dan uji keterbacaan diperoleh dari hasil penilaian validator pada tahap expert review dan peserta didik pada tahap one-to-one. (2) Praktis berdasarkan dari penilaian dari 3 kelompok peserta didik pada tahap small group yang diperoleh dari hasil penilaian kepraktisan. (3) E-LKPD memiliki potensi efektifitas terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika berdasarkan hasil ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yang diperoleh 80 % peserta didik tuntas dengan nilai ≥ 70. Kata Kunci: E-LKPD, Guided Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Tessmer

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:52
Last Modified: 21 Oct 2024 01:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22699

Actions (login required)

View Item View Item