Gaol, Yasinta Wewen Lumban and Anggraini, Dwi and Noperman, Feri (2024) STUDI DESKRIPTIF HASIL KARYA GAMBAR DENGAN TEKNIK TARIK BENANG PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS II SDN 44 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
A1G020071_Yasinta_Unib - Yasinta L.G..pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil karya gambar dengan teknik tarik benang di kelas II A SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah unsur dan prinsip pada hasil karya siswa dan objek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengadaan data, pengurangan data, inferensi, dan analisis. Teknik keabsahan data melalui triangulasi dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini Dari 26 siswa hanya 10 siswa yang mempunyai unsur titik, dan 16 karya siswa yang belum mempunyai unsur titik. Unsur garis terdapat pada semua hasil karya siswa dengan berbagai macam bentuk garis. Unsur bidang meliputi bidang geometris dan non geometris pada 26 hasil karya siswa semua karya terdapat bidang non geometris yaitu bidang abstrak dan tumbuhan terompet. Unsur bentuk pada 26 karya siswa berupa bentuk abstrak dan tumbuhan terompet. Unsur warna pada semua karya siswa memiliki warna yang bervariasi disetiap karya. Unsur tekstur terdapat pada semua hasil karya berupa tekstur halus dan kasar. Unsur gelap terang dalam hasil karya meliputi 26 karya yang memiliki unsur gelap terang. Hasil karya gambar dengan teknik tarik benang yang dibuat oleh siswa dilihat dari prinsip - prinsip seni rupa. Dari 26 siswa hanya dua siswa yang tidak mempunyai kesatuan, selebihnya sudah memiliki kesatuan. Prinsip keseimbangan. Dari 26 siswa hanya tiga siswa yang tidak mempunyai keseimbangan, selebihnya karya siswa sudah memiliki keseimbangan. Prinsip irama pada semua karya siswa sudah memiliki irama. Prinsip penekanan pada semua karya siswa belum memiliki penekanan pada karya. Prinsip proporsi. Dari 26 karya hanya tiga karya siswa yang tidak memiliki proporsi. Prinsip keselarasan, dari 26 karya hanya tiga karya yang belum memiliki keselarasan, selebihnya sudah memiliki keselarasan pada karya. Kata Kunci: Seni Rupa, Teknik Tarik Benang, Hasil Karya
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:04 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:04 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22741 |
Actions (login required)
View Item |