PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELAKSANAAN PRINSIP TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK PADA PERSEROAN TERBATAS PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) NUSA INDAH KOTA BENGKULU

BOBY, ZAPUTRA and Nur, Sulistyo B. Ambarini and Wafiya, Wafiya (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELAKSANAAN PRINSIP TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK PADA PERSEROAN TERBATAS PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) NUSA INDAH KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
FULL SKRIPSI 1 - Bobby Zaputra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalilis Perlindungan Konsumen Terhadap Pelaksanaan Prinsip Transparansi Pelayanan Publik di PT PLN Unit Pelayanan Pelaksana Pelanggan (UP3) Nusa Indah Kota Bengkulu, menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas mewajibkan setiap perseroan untuk menerapkan tata Kelola Perusahaan yang baik GCG (good corporate governance) dalam menjalankan Perseroan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hukum empris dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Dalam penelitian hukum empiris hukum dikonsepkan sebagai suatu gejala empiris yang dapat diamati dalam kehidupan nyata, hukum secara empiris merupakan gejala masyarakat, disatu sisi dapat di pelajari sebagai suatu variable bebas atau penyebab ( independent variable) yang menimbulkan akibat - akibat dalam berbagai aspek kehidupan sosial. Berdasarkan hasil yang peneliti dapatkan di lapangan banyaknya pengaduan dan laporan dari konsumen PT PLN terkait dengan tidak transparannya PT PLN dalam memberikan informasi. Selain itu Masyarakat juga melaporkan pelayanan di PT PLN terkesan lambat, sehingga hal ini menyebabkan kerugian bagi Masyarakat. kurangnya partisipasi masyarakat dalam mengakses informasi yang di berikan PLN melalui PLN mobile dan akun sosial media PLN menjadi kendala, danmerupakan tugas dan tanggung jawab PT PLN Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Nusa Indah Kota Bengkulu untuk mengedukasi Konsumen agar tidak terjadi miskomunikasi antara PLN sebagai penyedia jasa dan Masyarakat sebagai konsumen. Kata kunci : Penerapan prinsip transparansi pelayanan publik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:43
Last Modified: 21 Oct 2024 03:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22750

Actions (login required)

View Item View Item