PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS V GUGUS XI DI KOTA BENGKULU

Wulandari, Dwi and Winarni, Endang Widi and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS V GUGUS XI DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Dwi Wulandari_A1G020008 - Dwi Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia interaktif terhadap literasi lingkungan IPAS kelas V SDN Gugus XI Kota Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode eksperimen semu dengan desain penelitian The Matching Only Pretest�Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid kelas V SDN gugus XI Kota Bengkulu. Sampel penelitian adalah kelas VB SDN 44 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SDN 55 Kota Bengkulu Sebagai kelas kontrol. Instrumen teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh dengan analisis data melakukan Pretest dan Posttest dengan menggunakan instrumen angket. Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai posttest memiliki perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai thitung (3,647) > ttabel (1.688) atau Sig.(2- tailed) 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia interaktif terhadap literasi lingkungan dalam muatan pembelajaran IPAS kelas V gugus XI di kota Bengkulu. Kata Kunci : model discovery learning, multimedia interaktif, literasi lingkungan, ipas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:06
Last Modified: 22 Oct 2024 01:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22763

Actions (login required)

View Item View Item