PENGARUH MEDIA POSTER BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI RENTAN BENCANA KOTA BENGKULU

Yurrine, Ivank and Noperman, Feri and Lusa, Herman (2024) PENGARUH MEDIA POSTER BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI RENTAN BENCANA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
ilovepdf_merged (10) - Ivank Yurrine.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media poster berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri rentan bencana Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasy Experiment) dan jenis desain yang digunakan adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah sekolah dasar rentan bencana banjir di Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VB dan VA SDN 65 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Claster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar aspek pengetahuan yang berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Jenis teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif, dan analisis uji prasyarat. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh Sig. (2-tailed) = 0,012 < 0,05 dengan taraf signifikan 5%. Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran IPAS kelas eksperimen (74,5) dan kelas kontrol (65), maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dan dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan media poster berbasis aplikasi canva dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media poster berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri rentan bencana Kota Bengkulu. Kata Kunci : IPAS, Media Poster, Canva, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:07
Last Modified: 22 Oct 2024 01:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22775

Actions (login required)

View Item View Item