Kinanti, Mutiara and Lusa, Herman and Supriatna, Irfan (2024) FENOMENA TOLERANSI KEHIDUPAN BERAGAMA DI SD PATRIA DHARMA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
MUTIARA KINANTI-A1G019008 - mutiara kinanti.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena toleransi kehidupan beragama di SD Patria Dharma Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini siswa-siswi SD Patria Dharma. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data collection, data reduction, data display, verifikasi data. Teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member check. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Tolernasi kehidupan beragama di SD Patria Dharma berjalan dengan sangat baik. Hal ini di tandai dengan pemahaman dan pengetahuan siswa yang sangat luas dan arif mengenai keberagaman agama dan sifat toleransi yang mestinya dilakukan. Hal ini tidak dapat berjalan baik tanpa campur tangan guru atau pihak sekolah yang tidak henti-hentinya dan tidak bosan�bosannya memberikan pemahaman mengenai pentingnya toleransi antar umat beragama tersebut. Kehidupan toleransi di sekolah ini berjalan baik yang ditunjukkan melalui sikap siswa yang mau menerima perbedaan di lingkungan mereka dengan mau berteman, bergaul dan bersikap baik dengan siapa saja tanpa memilih-milih atau membedakan, tidak memaksa dan memberikan kebebasan pada semua teman-temannya untuk melakukan dan meyakini agamanya, menghargai dan menghormati teman yang sedang berdoa atau sedang melakukan kegiatan keagmaan lainnya dengan damai tanpa ada gangguan, dan bisa menghargai pendapat yang berbeda-beda tanpa ada perasaan membenci antar satu sama lain. Kata kunci: Fenomena, toleransi, beragama.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:08 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:08 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22777 |
Actions (login required)
View Item |