PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IVB SDN 09 KOTA BENGKULU

Julitra, Noky and Juarsa, Osa and Tarmizi, Pebrian (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IVB SDN 09 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
NOKY JULITRA - NOKY JULITRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV B SDN 09 Kota Bengkulu dalam pembelajaran pendidikan pancasila dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV B SDN 09 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata�rata nilai dan persentase belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukan: 1) Aktivitas guru pada siklus I dengan kategori baik (B) meningkta pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB), 2) aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB), 3) Prestasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila siklus I diperoleh nilai rata�rata 71,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 52%, meningkat pada siklus II nilai rata-rata sebesar 85,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 76%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran pendidikan pancasila meningkatkan terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IVB SDN 09 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Aktivitas, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:08
Last Modified: 22 Oct 2024 01:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22779

Actions (login required)

View Item View Item