PENERAPAN MODEL KOOPERATIVE TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERGERAK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI (PTK DI KELAS IIIA SDIT AL-MUTHMAINNAH)

Devitria, Seprina and Tarmizi, Pebrian and Lusa, Herman (2024) PENERAPAN MODEL KOOPERATIVE TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERGERAK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI (PTK DI KELAS IIIA SDIT AL-MUTHMAINNAH). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SEPRINA DEVITRI(A1G021167) - Nurul Rahmiah Fitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Kooperative Tipe Picture And Picture Berbantuan Media Gambar Bergerak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Ptk Di Kelas Iiia Sdit Al-Muthmainnah) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar (keterampilan menulis) di kelas IIIA SDIT Al-Muthmainnah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan instrumen penelitian menggunakan observasi dan soal tes. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan siswa kelas III sebagai subjeknya. Pada siklus pertama masih pertama guru sebagai pelaksana dan mahasiswa (penulis) sebagai pengamat, penggunaan media ini melalui kolaborasi guru dan mahasiswa yang telah direncanakan baik dari RPP dan penyusunan materi saat mengajar diperoleh hasil bahwa masih terdapat kekurangan dan kelebihan dari menggunakan media tersebut. Sehingga di lakukan siklus kedua lagi menggunakan media tersebut dengan mahasiswa (Penulis) sebagai pelaksana dan guru sebagai pengamat dan penggunaan media seperti siklus pertama yaitu perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan dan evaluasi. Pada pra siklus skor nilai siswa sebesar 64.8 dengan kategori kurang terampil, dan hanya beberapa siswa saja yang terampil dalam menulis dan setelah dilakukan tindakan siklus I skor nilai keterampilan 73.3 belajar siswa naik menjadi dengan kategori cukup terampil, dengan jumlah siswa yang terampil sejumlah 13 siswa dan tidak terampil 7 siswa. Dan meningkat sangat signifikan pada siklus II pada skor nilai keterampilan belajar siswa menjadi 80,5 dengan kategori mendekati terampil. Kata Kunci : Model Kooperatif picture and picture, media gambar bergerak, aktivitas dan keterampilan menulis deskripsi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:08
Last Modified: 22 Oct 2024 01:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22784

Actions (login required)

View Item View Item