STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS IV C SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Nuraya, Anne and Tarmizi, Pebrian and Anggraini, Dwi (2024) STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS IV C SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Anne Nuraya SCAN FIX - Anne Nuraya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan keterampilan guru dalam mengelola kelas pada saat pembelajaran berlangsung di kelas IV C. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV C SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu (1) menciptakan kondisi belajar yang optimal dengan cara guru menyuruh siswa untuk tetap tertib agar memberikan suasana yang mendukung saat proses pembelajaran dikelas (2) menunjukkan sikap tanggap dengan cara guru mendekati siswa dan memberikan reaksi terhadap gangguan dikelas (3) memberikan petunjuk yang jelas dengan cara guru guru tidak bertele�tele dalam melakukan penjelasan (4) memberikan teguran dan penguatan dengan cara guru memperingatkan dan menasehati siswa yang melakukan kesalahan atau membuat kegaduhan dalam kelas (5) memusatkan perhatian kelompok dengan cara guru memberikan tanda ketika memusatkan perhatian dan sebelum memulai pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam mengelola kelas yang terdiri dari lima indikator telah dilaksanakan oleh guru. Kata kunci: keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:08
Last Modified: 22 Oct 2024 01:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22786

Actions (login required)

View Item View Item