Putrii, Erni Linda and Tarmizi, Pebrian and Agudianita, Neza (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELS V SDN 81 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ERNI LINDA - Erni Linda Putri.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar, dan motivasi belajar siswa kelas V SDN 81 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 81 Kota Bengkulu yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas, hasil, dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model Problem Based Learning. Hasil skor aktivitas guru siklus I diperoleh 81,5 kategori baik dan meningkat pada siklus II 98,5 kategori sangat baik. Hasil skor aktivitas siswa siklus I diperoleh 86,5 kategori baik dan meningkat pada siklus II diperoleh 100 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada pelajaran matematika siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,4 dengan ketuntasan klasikal 64% meningkat pada siklus II yaitu 82,8 dengan ketuntasan klasikal 88%. Hasil skor motivasi belajar pada pelajaran matematika siklus I yaitu 14,24 kategori baik meningkat pada siklus II yaitu 17,5 sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas, hasil, dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN 81 Kota Bengkulu. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:08 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:08 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22788 |
Actions (login required)
View Item |