PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD

Wulandari, Nadia and Noperman, Feri and Agusdianita, Neza (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
skripsi Nadia Wulandari_ A1G020100 - Nadia Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk LKPD model project based learning berbasis STEAM pada mata pelajar IPAS materi perubahan energi. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk mengetahui aspek materi, aspek bahasa, aspek kegrafikan, tanggapan guru dan peserta didik terhadap LKPD. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model ADDIE, Analisys (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Kelayakan LKPD didapatkan melalui tahap validasi ahli materi dengan nilai 97,72% dengan kategori “sangat valid”, ahli bahasa dengan nilai 93,75% dengan kategori “sangat valid”, dan ahli kegrafikan dengan nilai 93,75% dengan kategori “sangat valid”. Hasil tanggapan guru terhadap LKPD mendapat skor sebesar 93,75% dalam kategori “sangat baik” dan hasil tanggapan siswa terhadap LKPD mendapat skor sebesar 90,84% dalam kategori “sangat baik”. Rekapitulasi nilai validitas dari tanggapan guru dan tanggapan siswa mendapat nilai sebesar 91,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan LKPD dapat dinyatakan “sangat valid” dan “sangat layak dan efektif” dari aspek materi, aspek bahasa, aspek kegrafikan, serta dari respon guru dan siswa untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan, LKPD, project based learning, STEAM

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:10
Last Modified: 22 Oct 2024 01:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22800

Actions (login required)

View Item View Item