Ulandari, Peska and Dalifa, Dalifa and Tarmizi, Pebrian (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI PESKA ULANDARI_A1G020009 - Peska Ulandari.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN Gugus XIV Kota Bengkulu. jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasy Exsperiment) dan jenis desain yang digunakan adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SDN Gugus XIV Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah kelas VB dan kelas VC SDN 52 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel Claster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar aspek pengetahuan meliputi C4 (menganalisis) sampai C5 (mengevaluasi) yang berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistic deskriptif, analisis uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Nilai thitung (3,721) > ttabel (1,688). Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perbedaan nilai posttest hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN XIV Kota Bengkulu. Kata Kunci : PjBL, Audio Visual, Hasil Belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22802 |
Actions (login required)
View Item |