STUDI DESKRIPTIF IMPLEMEMNTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 44 KOTA BENGKULU

Tiana, Tri Erlangga and Agusdianita, Neza and Yusnia, Yusnia (2024) STUDI DESKRIPTIF IMPLEMEMNTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 44 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI TRI FIX-1 - TRIERLANGGA TIANA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru kelas IV. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui triangulasi teknik dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 44 Kota Bengkulu dapat disimpulan bahwa implementasi perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dimulai dari pemetaan pembelajaran berdasarkan kebutuhan yang dimiliki peserta didik, guru merancang pembelajaran sesuai hasil pemetaan siswa, guru membuat rancangan pembelajaran guru melakukan dan tahap terakhir melakukan evaluasi dan refleksi pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Implementasi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi ada 4 komponen pembelajaran berdiferensiasi yaitu: (1) konten/ isi, (2) deferensiasi proses, (3) deferensiasi produk, dan (4) lingkungan belajar. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi memberikan guru mempertimbangkan kebutuhan belajar siswa dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar dengan memperhatikan gaya belajar, minat dan bakat siswa yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Matematika, SD

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:10
Last Modified: 22 Oct 2024 01:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22808

Actions (login required)

View Item View Item