PENGARUH MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN GUGUS XI KOTA BENGKULU

Fadillah, Aisyah Nur and Noperman, Feri and Yuliantini, Nani (2024) PENGARUH MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN GUGUS XI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Aisyah Nur Fadillah A1G020024 PGSD - Aisyah Nur Fadillah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media quizizz paper mode terintegrasi model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPAS kelas V SDN Gugus XI Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah SD Negeri Gugus XI Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VB SDN 44 Kota Bengkulu dan VB SDN 55 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Claster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar aspek kognitif berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Jenis teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil anaslisis inferensial bahwa nilai thitung (2,205) > ttabel (2.0395). Adapun nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,035 < 0,05. Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran IPAS kelas eksperimen (67,22) dan kelas kontrol (54,00). Perbedaan nilai tersebut karena ada perlakuan yang berbeda pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok kontrol diberi pembelajaran menggunakan media quizizz paper mode dalam model pembelajaran TGT sedangkan kelompok kontrol hanya menggunakan lembar kuis. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media quizizz paper mode yang terintegrasi model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri Gugus XI Kota Bengkulu. Kata Kunci: IPAS, Quizizz Paper Mode, Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:22
Last Modified: 22 Oct 2024 02:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22813

Actions (login required)

View Item View Item