PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS III B SDN 41 KOTA BENGKULU

Ayu, Azrina and Yuliantini, Nani and Tarmizi, Pebrian (2024) PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS III B SDN 41 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_AZRINA AYU_AIG020017 - Azrina Ayu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan perilaku sopan santun peserta didik kelas III B SDN 41 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan subjek penelitian guru kelas III B dan peserta didik kelas III B. instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru sebagai pembimbing dalam, 1) memberikan informasi dalam proses pembelajaran yaitu guru memberikan informasi kepada peserta didik melalui poster-poster yang dipajang di dalam kelas, serta aturan dan tata tertib yang berlaku., 2) membantu peserta didik dalam mengatasi permasalahan pribadinya yaitu guru akan membantu peserta didik yang mengalami masalah dalam berprilaku sopan santun., 3) mengevaluasi setiap hasil kegiatan yang telah dilakukan yaitu guru akan bertanya kepada peserta didik apakah prilaku tidak sopan apa yang telah mereka perbuat., 4) memberi kesempatan pada peserta didik agar dapat belajar sesuai keinginannya yaitu guru memberikan peserta didik kesempatan dan kebebasan pada peserta didik dalam proses pembelajaran dan berprilaku sopan santun., 5) mengenal dan memahami peserta didik secara individu maupun kelompok yaitu guru mengenal dan memahami peserta didiknya baik secara individu maupun kelompok baik di dalam maupun di luar kelas. Dapat di simpulkan bahwa cara yang paling efektif yang dilakukan guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan perilaku sopan santun peserta didik kelas III B SDN 41 Kota Bengkulu yaitu dengan cara mengingatkan, mengarahkan dan menerapkannya langsung kepada peserta didik. Kata Kunci: Guru, Pembimbing, Sopan Santun.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:22
Last Modified: 22 Oct 2024 02:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22815

Actions (login required)

View Item View Item