PEMBINAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV C SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Sakinah, Nicia Putri (2024) PEMBINAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV C SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_nicia_Fakultas - nicia putri sakinah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pembinaan karakter tanggung jawab siswa di kelas IV C SD Negeri 5 Bengkulu. Penelitian jenis kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 2 orang siswa yang memiliki karakter kurang bertanggung jawab akan tugasnya sebagai seorang siswa disekolah. Teknik analisis data melalui pengumpulan, pemadatan, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui pembinaan karakter tanggung jawab siswa di kelas IV C SD Negeri 5 Bengkulu secara umum telah dilakukan dengan cara menjaga, mengarahkan dan membimbing siswa. Guru menjaga karakter tanggung jawab dengan cara berkeliling kelas memastikan kemajuan tugas individu dan kelompok, guru juga menciptakan suasana belajar yang mendukung dengan cara menyusun bangku dan meja supaya siswa mudah berdiskusi dalam belajar kelompok, kemudian menyiapkan peralatan piket kelas supaya siswa lebih semangat dan antusias dalam bekerja sama membersihkan kelas. Guru mengarahkan karakter tanggung jawab dengan cara menjelaskan petunjuk pengerjaan tugas, membuat kelompok piket dan uraian kerja yang harus dilakukan. Namun demikian ditemukan bahwa guru tidak mengawasi pelaksanaan piket kelas. Hal ini diyakini karena guru merasa bahwa jadwal piket dan uraian tugas piket sudah dibuat secara tertulis sehingga menanggap pengawasan tidak terlalu diperlukan. Guru membimbing karakter tanggung jawab siswa melalui pemantauan perkembangan kemajuan belajar siswa. Guru juga membuat catatan atas kelemahan dan kekurangan siswa serta memberikan saran perbaikan atas kelemahan tersebut dengan cara bertatap muka secara langsung kepada siswa, baik secara individu maupun secara kelompok. Kata kunci : Peran Guru Sebagai Pembina, Karakter Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:23
Last Modified: 22 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22823

Actions (login required)

View Item View Item