STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN BATIK JUMPUTAN TEKNIK SHIBORI ITAJIME PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS V SD NEGERI 102 KOTA BENGKULU

Putra, Ari Setyaji and Hasnawati, Hasnawati and Yusnia, Yusnia (2024) STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN BATIK JUMPUTAN TEKNIK SHIBORI ITAJIME PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS V SD NEGERI 102 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
syarat perpus unib - Ari Setyaji putra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembuatan karya batik jumputan dengan teknik shibori itajime pada kelas V SDN 102 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teknik observasi partisipan dan metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 105 Kota Bengkulu yang berjumlah 10 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen manusia (peneliti sendiri), dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan pada saat proses penciptaan karya dan setelah karya selesai dengan mengacu pada unsur seni rupa dan prinsip seni rupa. Hasil penelitian adalah (1) Proses pembuatan benda seni konstruksi diawali dengan penyiapan bahan dan alat yang digunakan yaitu kain, tali pewarna dan wadah, dilanjutkan dengan pelaksanaan pembuatan karya mulai dari persiapan merenggangkan kain, pembuatan lipatan dasar batik shibori, pengikatan kain, dan pewarnaan kain. (2) Hasil pekerjaan konstruksi dibuat dengan berpedoman pada unsur seni dan prinsip seni rupa yaitu titik, garis, bentuk, bentuk, warna, tekstur, terang dan gelap. Kemudian, prinsip kesatuan, keseimbangan, penekanan, proporsi, dan keserasian/harmonisasi. Kata Kunci: Seni rupa, Shibori, Seni Budaya dan Prakarya

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:23
Last Modified: 22 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22829

Actions (login required)

View Item View Item