STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU

Pratama, Thaufiq Mieza and Muktadir, Abdul and Ariffiando, Nady Febri (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
THAUFIQ MIEZA PRATAMA_A1G020098-1_compressed - Thaufiq Mieza Pratama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas IV SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yakni guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi guru yang digunakan untuk mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas IV SD Negeri 81 Kota Bengkulu yaitu (1) mengindentifikasi dengan cara memberikankan bacaan (2) Pendekatan individual dengan cara memberikan motivasi dan pendekatan individual (3) Memberikan bimbingan secara individu dengan cara metode abjad dan jam tambahan (4) Bekerjasama dengan orang tua dengan cara memanggil orang tua siswa untuk membantu meneyelesaikan permasalahan (5) Membiasakan membaca bersama guru melakukan membiasa membaca bersama pada saat sebelum memulai pembelajaran dan sesudah pembelajaran. (6) Penerapan strategi kooperatif dengan cara membaca bersama guru dn siswa (7) memenfaatkan pojok baca dengan cara mengintruksikan untuk memanfaatkan pojok baca. Guru belum menggunakan media pemebelajaran dalam mengatasi kesulitan membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disumpulkan bahwa guru telah bimbingan terhadap siswa yang mengalami kesulitan membaca dengan melakukan tujuh kegiatan kecuaili memanfaatkan media pembelajaran. Kata Kunci : Strategi Guru, kesulitan Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:23
Last Modified: 22 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22831

Actions (login required)

View Item View Item