Nurani, Tias Fitri and Lusa, Herman and Yuliantini, Nani (2024) PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS IA SDN 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Tias Fitri Nurani_A1G020040_compressed - tyas fitri12.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan membaca permulaan siswa kelas IA SDN 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan PTK, yang dilaksanakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IA yang berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi dan terendah, selisih skor, serta kisaran untuk setiap kriteria. Hasil skor aktivitas guru siklus I pertemuan 1 dan 2 diperoleh 44,5 (cukup) dan meningkat menjadi 50,5 (baik). Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 meningkat menjadi 60 (baik) dan meningkat lagi menjadi 65,5 (baik). Untuk hasil skor rata-rata aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 dan 2 diperoleh skor 40,5 (cukup) dan meningkat menjadi 48 (cukup). Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 meningkat menjadi 58,5 (baik) meningkat menjadi lagi 60 (baik). Hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa siklus I dan 2 didapatkan ketuntasan belajar secara individu ada 10 siswa dengan ketuntasan sebesar 47,61% dan terjadi peningkatan menjadi 12 siswa dengan ketuntasan sebesar 57,24%. Pada siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan menjadi 14 siswa dengan ketuntasan sebesar 66,66% meningkat menjadi 80,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS berbantuan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas IA SDN 17 Kota Bengkulu. Kata kunci: Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Aktivitas, Kemampuan Membaca Permulaan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22832 |
Actions (login required)
View Item |