Sari, Else Puspita and Suryadi, Suryadi and Wulandari, Catur (2024) KETERBACAAN BUKU TEKS UTAMA DAN PENDAMPING BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV PADA KURIKULUM MERDEKA DENGAN GRAFIK FRY. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
ELSE PUSPITA SARI (A2A021023) (1) - Else Puspita.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Keterbacaan akan memengaruhi pemahaman siswa terhadap isi teks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku teks utama dan pendamping bahasa Indonesia siswa kelas IV kurikulum merdeka. Metode penelitian ini deskriptif. Data penelitian yaitu buku teks utama terbitan Kementrian Pendidkan dan Kebudayaan dan teks pendamping terbitan Masmedia Pustaka. Tingkat keterbacaan dinilai dengan grafik Fry. Teknik analisis data didasarkan pada teori grafik Fry serta analisis kalimat tunggal dan majemuk. Hasil penelitian buku bahasa Indonesia utama terbitan Kemendikud terdapat 6 teks sesuai (28,57%) dan 15 teks invalid (71,43%). Buku pendamping terbitan Masmedia terdapat 6 teks sesuai persentase sebesar (25%) dan 18 teks invalid (75%). Kesesuaian teks pada kedua buku bahasa Indonesia kelas IV SD utama dan pendamping di bawah 40% yang artinya kedua buku tingkat keterbacaanya rendah. Kalimat tunggal pada buku bahasa Indonesia utama yakni teks yang sesuai sebesar 56%%, teks jumlah kalimat sesuai suku kata invalid 60 %%, dan teks yang tidak sesuai dan suku kata invalid 33,3%. Kalimat tunggal pada buku pendamping yakni teks sesuai untuk kelas IV sebesar 49,30%, teks yang sesuai suku kata invalid 63%, teks yang tidak sesuai suku invalid 24,65%, teks yang sesuai untuk kelas lebih tinggi 19%, dan teks yang sesuai untuk kelas lebih rendah 69%. Dapat di simpulkan kedua buku tingkat keterbacaanya rendah untuk tingkat pembaca kelas IV SD. Teks yang sesuai dapat di rekomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran. Teks yang tidak sesuai dapat dijadikan refleksi bagi guru. Kata kunci: Keterbacaan, Buku Teks, Utama, Pendamping, Grafik Fry
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22843 |
Actions (login required)
View Item |