NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH PADA NOVEL-NOVEL KARYA PIDI BAIQ DALAM IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA (NOVEL) DISMA

Puspita, Rini and Suryadi, Suryadi and Yulistio, Didi (2024) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH PADA NOVEL-NOVEL KARYA PIDI BAIQ DALAM IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA (NOVEL) DISMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
RINI PUSPITA-A2A021014 - Rini Puspita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan karakter tokoh dalam novel�novel karya Pidi Baiq; (2) Mendeskripsikan nilai pendidikan karakter tokoh dalam novel-novel karya Pidi Baiq; (3) Mendeskripsikan implikasinya nilai pendidikan karakter tokoh dalamnovel-novel karya Pidi Baiq sebagai bahan pembelajaran sastra (novel) di SMA. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah tiga buah novel karya Pidi Baiq yang berjudul Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990, Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991, dan Milea: Suara dari Dilan, sedangkan data berupa satuan analis yakni kalimat, paragraf, atau wacana yang berkaitan dengan nilai pendidikan karakter dalam aspek tokoh dalam novel. Analisis data menggunakan teori Sosiologi sastra. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam trilogi novel karya Pidi Baiq ada 22 karakter tokoh yang dominan hadir dengan karakter yang bersifat positif, yakni: menghargai prestasi, tanggung jawab, religius, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, disiplin, cinta tanah air, cinta damai, gemar membaca, kreatif, toleransi, dandemokratis. Sedangkan karakter negatif (buruk) yang ditemukan adalah nakal, pendendam, merugikan orang lain, kasar, mencari-cari kesalahan orang lain, somobong, tidak sopan, dan membanggakan diri, ingkar janji, ingin mengontrol. (2) Nilai pendidikan karakter yang ditemukan religius, disiplin, cinta tanah air, gemar membaca, tanggung jawab, kreatif, demokratis, toleransi, bersahabat/komunikatif, menghargai prestasi, dan peduli sosial. (3) Implikasi nilai pendidikan karakter dalam novel trilogi karya Pidi Baiq dapat dilakukan pada pembelajaran sastra di SMA kelas XII kurikulum 2013, dengan KD 3.4 Menganalisis isi dan kebahasaan novel, baik secara lisan maupun tulis langkah pembelajaran: menemukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribahasa). Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Sosiologi Sastra, Novel, Implikasi, Bahan ajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:59
Last Modified: 22 Oct 2024 03:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22849

Actions (login required)

View Item View Item