PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 76 BENGKULU SELATAN

Tomaidi, Ahmat and Winarni, Endang Widi and Muktadir, Abdul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 76 BENGKULU SELATAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS AHMAT TOMAIDI (A2G021078) PERPUS UNIB-1 - Ahmad Tomaidi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flash card pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dengan model problem based learning (pbl) dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan di kelas IV sekolah dasar 76 Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan menggunakan model 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap analisis (define), desain (design), pengembangan (development), dan penyebarluasan (dessimate). Obyek pada penelitian adalah media pembelajaran flash card kemudian subjek penelitian 20 orang siswa dan 1 orang guru kelas IV. Instrumen pengumpulan data pada penelitrian ini menggunakan angket uji kelayakan, angket resepon peserta didik dan pedoman wawancara guru. Uji kelayakan dilakukan oleh 6 orang validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 2 ahli penyajian. Uji respon pengguna dilakukan pada 20 siswa kelas IV dan 1 orang guru kelas SDN 76 Bengkulu Selatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam menentukan kelayakkan media pembelajaran menggunakan tabulasi silang. Hasil uji kelayakan media flash card oleh validator ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan penyajian. Kelayakan materi diperoleh 0,80 (kriteria layak), hasil kelayakan bahasa 0,90 (kriteria sangat layak) dan hasil kelayakan tampilan 0,80 (kriteria layak). Hasil uji efektivitas terhadap media yang dikembangkan terdapat peningkatan sikap peduli lingkungan peserta didik dengan hasil hitung gain kriteria gain sedang, ini artinya tidak terjadi penurunan nilai dari hasil pretes ke postes. Selain itu hasil wawancara dengan guru kelas IV menunjukan respon positif. Dengan kata lain media yang digunakan memberikan manfaat dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata Kunci: flash card, media, PBL

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:00
Last Modified: 22 Oct 2024 04:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22861

Actions (login required)

View Item View Item