PENGEMBANGAN SOAL NUMERASI BERORIENTASI AKM BERBASIS CAGAR BUDAYA KOTA BENGKULU UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Oktavia, Vivi and Susanta, Agus and Parmadie, Bambang (2024) PENGEMBANGAN SOAL NUMERASI BERORIENTASI AKM BERBASIS CAGAR BUDAYA KOTA BENGKULU UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS VIVI FIX - Vivi Oktavia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal numerasi berorientasi AKM berbasis cagar budaya Kota Bengkulu untuk mempersiapkan siswa kelas V SD menghadapi ANBK. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal numerasi berorientasi AKM berbasis cagar budaya Kota Bengkulu layak secara logis, empiris, dan praktis. Profil kemampuan siswa berdasarkan persentase capaian domain bilangan sebesar 70,27%, domain geometri dan pengukuran sebesar 86,39%, domain data dan ketidakpastian sebesar 85,83%, dan domain aljabar sebesar 80,56%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa soal numerasi berorientasi AKM berbasis cagar budaya Kota Bengkulu untuk siswa kelas V SD sangat layak dan efektif digunakan untuk membantu persiapan menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) topik numerasi di jenjang sekolah dasar. Kata Kunci: Asesmen Kompetensi Minimum, Cagar Budaya, Soal, Numerasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:00
Last Modified: 22 Oct 2024 04:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22863

Actions (login required)

View Item View Item