PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS GAMBAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Yayanti., Yayanti. and Muktadir, Abdul and Susanta, Agus (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS GAMBAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
YAYANTI BEBAS PERPUSTAKKAN UNIB-1_1 - ya yanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran infografis berbasis gambar menggunakan model project based learning dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di SDN 53 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan model ADDIE. Obyek penelitian adalah media pembelajaran infografis berbasis gambar pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi. Instrumen yang digunakan yaitu angket uji kelayakan dan angket uji respon guru dan peserta didik. Uji kelayakan dilakukan oleh 6 orang validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 2 ahli penyajian. Uji respon pengguna dilakukan pada 20 peserta didik kelas IV dan 1 orang guru kelas SDN 53 Bengkulu Tengah. Analisis data menggunakan dalam menentukan kevalian media pembelajaran menggunakan tabulasi silang dan sebaran angket. Hasil uji kelayakan media pembelajaran oleh validator ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan penyajian , kelayakan materi diperoleh 0,70 (kriteria layak), hasil kelayakan bahasa 0,90 (kriteria layak) dan hasil kelayakan tampilan 0,80 (kriteria sangat layak). Hasil uji lapangan media pembelajaran dengan melakukan postes dan pretes dengan hasil uji gain menunjukan 20 peserta didik dengan hitung gain kriteria tinggi 8 peserta didik dengan persetase 40% kemudian kriteria sedang 11 peserta didik dengan persentase 55% selanjutnya kriteria rendah 1 peserta didik dengan persentase 5%. Selain itu hasil wawancara dengan guru kelas IV menunjukan respon positif. Dengan kata lain media pembelajaran yang digunakan mampu meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajaran Infografis, Model Project Based Learning, Kemampuan Menulis Puisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:00
Last Modified: 22 Oct 2024 04:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22866

Actions (login required)

View Item View Item