PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN METODE GUIDE READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yuniarti, Yuniarti and Muktadir, Abdul and Susanta, Agus (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN METODE GUIDE READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
YUNIARTI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB 1 - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan: bahan ajar menggunakan metode guide reading untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan model ADDIE yaitu tahap analisis (analiyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Obyek penelitian adalah bahan ajar menggunakan metode guide reading. Instrumen yang digunakan yaitu angket uji kelayakan dan angket resepon peserta didik dan pedoman wawancara guru. Uji kelayakan dilakukan oleh 6 orang validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 2 ahli penyajian. Uji respon pengguna dilakukan pada 20 siswa kelas IV dan 1 orang guru kelas SDN71 Kota Bengkulu.Analisis data menggunakan dalam menentukan kevalidan bahan ajar menggunakan tabulasi silang dan sebaran angket untuk respon peserta didik serta wawancara untuk respon guru dalam penggunaan bahan ajar. Teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji kelayakan bahan ajar oleh validator ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan p e n y a j i a n , kelayakan materi diperoleh 0,80 (kriteria layak), hasil kelayakan bahasa 0,70 (kriterialayak) dan hasil kelayakan tampilan 0,90 (kriteria sangat layak). Hasil uji lapangan bahan ajar dengan melakukan post tes dan pre tes dengan hasil uji gain menunjukkan 20 peserta didik dengan hitung gain kriteria tinggi 5 peserta didik dengan persetase 25% kemudian kriteria sedang 13 peserta didik dengan persentase 65% selanjutnya kriteria rendah 2 peserta didik dengan persentase 10%. Selain itu hasil wawancara dengan guru kelas IV menunjukan respon positif. Dengan kata lain bahan ajar yang digunakan memberikan manfaat dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar penunjang dalam meningkatkan kemapuan membaca kritis. Kata Kunci: Bahan ajar, guide reading, membaca kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:00
Last Modified: 22 Oct 2024 04:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item View Item