PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 EMPAT LAWANG

Marliani, Depi and Haji, Saleh and Hanifah, Hanifah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 EMPAT LAWANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS DEPI MARLIANI_A2C020007_compressed - Depi Marliani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) ntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimen desain). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Empat Lawang dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA berjumlah 138 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 peserta didik dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik simple random. Pengumpulan data dilakukan melalui tes soal. Analisis data mengunakan uji Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik berbasis TPACK dan pembelajaran konvensional setelah mengontrol kemampuan awal siswa, yaitu nilai sig < 0,001. 2). terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Berbasis TPACK dan pembelajaran konvensional setelah mengontrol kemampuan awal siswa, yaitu nilai sig < 0,001. 3.) terdapat pengaruh linear kovariat kemampuan awal pemecahan masalah siswa terhadap kemampuan akhir pemecahan masalah siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK dengan nilai si < 0,001. 4). terdapat pengaruh linear kovariat kemampuan awal literasi matematika terhadap kemampuan akhir literasi matematika siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK, dengan nilai sig < 0,001. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik, TPACK, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Literasi Matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:00
Last Modified: 22 Oct 2024 04:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22868

Actions (login required)

View Item View Item