KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Deskriptif Kualitatif di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI)

Dirianto, Dirianto and Sahono, Bambang and Sapri, Johanes (2024) KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Deskriptif Kualitatif di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
DIRIANTO_NPM A2M021050 - Dirianto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti Pumi. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, kepala TU, dan Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Sakti Pumi. Dari hasil Penelitian dapat menarik kesimpulan terkait kinerja guru di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI sudah baik hal ini berdasarkan. (1). Perencanaan dalam program kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI sudah membuat perencanaan pembelajaran seperti: RPP, Silabus, Program tahunan, Program semester dan program harian. (2). Penggunaan Metode Pembelajaran guru matematika di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan materi yang akan di sampaikannya. Misalnya metode tanya jawab, diskusi, ceramah, pemberian tugas dan lain-lain. (3). Penggunaan media dan sumber pembelajaran di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI telah menggunakan media dan sumber pembelajaran dengan baik, seperti mengunkan LCD, buku, komputer, internet dan semua fasilitas yang telah memadai untuk mendukung proses pembelajaran. (4).Pengelolaan kelas guru matematika di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI dalam mengelola kelasnya yaitu memang bervariasi dan berbeda-beda anatara antara kelas satu den kelas lainnya tergantung situasi kelas yang di hadapi. (5). evaluasi dan Penilaian Pembelajaran guru matematika di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI yaitu untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran dan juga proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penilaian hasil belajar dilakukan dalam bentuk evaluasi formatif, evaluasi sumatif, evaluasi diagnostik. (6). Faktor Pendukung dan Penghambat guru matematika di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh penulis yaitu: Ada dua faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri guru secara individu dan faktor eksternal yang berasal dari luar. Kata Kunci : Kinerja, Pembelajaran , Guru Matematika

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:34
Last Modified: 22 Oct 2024 04:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22872

Actions (login required)

View Item View Item