PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TREASURE HUNT UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas VII SMP Negeri 2 Mulak Ulu)

Deslanto, Deslanto and Sahono, Bambang and Kurniah, Nina (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TREASURE HUNT UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas VII SMP Negeri 2 Mulak Ulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
DONE TESIS DESLANTO OK - Puspita Angriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan metode Treasure Hunt, untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Mulak Ulu, serta mendeskripsikan efektifitas penerapan metode treasure hunt dalam meningkatkan kerjasama dan presatsi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mulak Ulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dipadukan dengan quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIa SMP Negeri 2 Mulak Ulu sebagai kelas PTK dan kelas VIIb SMP Negeri 2 Mulak Ulu sebagai kelas eksperimen, dan VIIc SMP Negeri 2 Mulak Ulu sebagai kelas kontrol. Prosedur pelaksaan pada Penelitian Tindakan Kelas, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes berupa evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus. Pada penelitian quansi eksperimen, teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pada siklus I nilai rata-rata sikap kerjasama siswa mencapai 48% dengan kriteria kurang pada siklus II mencapai 66% dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus III mencapai 77% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar 40,74%, siklus II 81,48% dan siklus III 85,00%. Pada penelitaian quansi eksperimen, hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihart dari hasil skor rata-rata postes kelas ekspermen sebesar 72,22 dan kelas kontrol sebesar 65,19. Hasil penelitian menunjukkjan bahwa penerapan metode treasure hunt dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : metode treasure hunt, kerjasama, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:34
Last Modified: 22 Oct 2024 04:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22874

Actions (login required)

View Item View Item