Erpansi, Midi and Sahono, Bambang and Kurniah, Nina (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Pelajaran Matematika di Kelas XII SMA Negeri 1Tanjung Sakti PUMU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
MIDI ERPANSI_NPM A2M021056 - Midi Erpansi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan konsep diri dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XII Mipa 1 di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU dengan jumlah siswa 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. dan kelas XII Mipa 2 di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU. Semester genap tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki�laki. Teknik instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian di analisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase dan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing meningkatkan konsep diri dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU tahun pelajaran 2023/2024. Keywords : Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Konsep Diri, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:44 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:44 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22881 |
Actions (login required)
View Item |