Fajarwati, Nurillah and Sapri, Johanes and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Muatan Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 9 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
Nurillah fajarwati _NPM A2M021070 (BEBAS PERPUSTAKAAN FKIP UNIB) - Chandra Arisandy.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 9 Lahat. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, hasil observasi dan hasil refleksi. Subjek penelitian ini melibatkan 20 orang siswa kelas V SD Negeri 9 Lahat tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi penilaian proses pembelajaran, lembar observasi percaya diri dan lembar tes.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif antara lain analisis data observasi,analisis data prestasi belajar, dan analisis data kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa dan efektif meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 9 Lahat Lahat pada materi Numerasi Bilangan Pecahan. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, percaya diri belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:50 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:50 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22883 |
Actions (login required)
View Item |