Ratih, Retna Mutia and Sahono, Bambang and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Muatan Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri 24 Lahat). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
RETNA MUTIA RATIH_A2M021071(BEBAS PERPUSTAKAAN) - Chandra Arisandy.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan kesiapan belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 24 Lahat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 24 Lahat semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas VB di SD Negeri 24 Lahat dan kelas VC di SD Negeri 24 Lahat. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan kesiapan belajar dan prestasi belajar siswa muatan pelajaran IPS kelas V SD Negeri 24 Lahat. Kata kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Kesiapan Belajar Siswa, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:26 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:26 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22890 |
Actions (login required)
View Item |