PENERAPAN MODEL PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Muatan Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagar Alam)

Aulannisa, Azra and Sahono, Bambang and Insanistyo, Bayu (2024) PENERAPAN MODEL PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Muatan Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagar Alam). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS AZRA AULANNISA - Azra Aulannisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PAIKEM GEMBROT untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada muatan pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagar Alam. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagar Alam semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah seluruh kelas IV SD Negeri Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagar Alam dan sampel yang digunakan adalah sampel kelas PTK yaitu di kelas IV A di SD Negeri 16 Kota Pagar Alam dan kelas IV B di SD Negeri 16 Pagar Alam sebagai kelas eksperimen serta di SD Negeri 36 Kota Pagar Alam sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian di analisis dengan statistik yaitu, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model PAIKEM GEMBROT dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagar Alam. Kata kunci : Model PAIKEM GEMBROT, Kerjasama Siswa, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:27
Last Modified: 22 Oct 2024 07:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22895

Actions (login required)

View Item View Item