Desriani, Desriani and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS DESRIANI pdf - Desriani riani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa (Studi pada mata pelajaran kimia kelas XII SMA Negeri 5 Lahat). Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 5 Lahat semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024.Melalui teknik cluster random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XII IPA 2 dan XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik, rata-rata (mean), persentase, dan uji�t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifk dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar pada mata pelajaran kimia siswa kelas XII SMA Negeri 5 Lahat dan dengan penerapan pendekatan saintifik lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia siswa kelas XII SMA Negeri 5 Lahat. Kata kunci : Penerapan Pendekatan Saintifik, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:27 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22897 |
Actions (login required)
View Item |