PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Lahat)

Desriani, Desriani and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS DESRIANI pdf - Desriani riani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa (Studi pada mata pelajaran kimia kelas XII SMA Negeri 5 Lahat). Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 5 Lahat semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024.Melalui teknik cluster random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XII IPA 2 dan XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik, rata-rata (mean), persentase, dan uji�t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifk dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar pada mata pelajaran kimia siswa kelas XII SMA Negeri 5 Lahat dan dengan penerapan pendekatan saintifik lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia siswa kelas XII SMA Negeri 5 Lahat. Kata kunci : Penerapan Pendekatan Saintifik, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:27
Last Modified: 22 Oct 2024 07:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22897

Actions (login required)

View Item View Item