PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Aisyiyah Pagar Alam)

Jaya, Muhammad Fadila Kesuma and Sapri, Johanes and Kurniah, Nina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Aisyiyah Pagar Alam). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS Fadil Final - Azra Aulannisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan media pembelajaran dengan berbasis Virtual Reality yang layak untuk meningkatkan prestasi belajar dan partisipasi belajar serta mendeskripsikan efektifitas media pembelajaran berbasis Virtual Reality dalam meningkatkan prestasi dan partisipasi belajar. Dalam penelitian ini digunakan rancangan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Aisyiyah Pagaralam.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar penilaian dan hasil tes siswa. Analisis data yang penelitian ini dengan rata-rata. Instrumen validasi ahli media dan materi dalam penelitian adalah Skala Likert. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Virtual Reality yang dikembangkan layak untuk meningkatkan prestasi belajar dan pengembangan media pembelajaran berbasis Virtual Reality efektif dalam meningkatkan prestasi belajar berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji skala luas siswa kelas VIII SMP Aisyiyah Pagar Alam ada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang balok. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Virtual Reality, Prestasi Belajar, Partisipasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:42
Last Modified: 22 Oct 2024 07:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22902

Actions (login required)

View Item View Item