PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QELECTRO TECH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Dasar Teknik Listrik Siswa Kelas X SMK di Kabupaten Rejang Lebong)

Hermayati, Hermayati and Sahono, Bambang and Buyung, Buyung (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QELECTRO TECH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Dasar Teknik Listrik Siswa Kelas X SMK di Kabupaten Rejang Lebong). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Tesis Hermayati upload Perpustakaan UNIB - ansori btb.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangkan media Qelectro Tech yang dapat meningkatkan prestasi belajar Dasar Teknik Listrik, Untuk mendapatkan media pembelajaran yang layak dalam pembelajaran Dasar Teknik Listrik kelas X SMK di Kabupaten Rejang Lebong, Untuk mendeskripsikan efektifitas penggunanan media Qelectro Tech untuk meningkatkan prestasi belajar Dasar Teknik Listrik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X TITL di SMKN 1 Rejang Lebong dan SMKN 6 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, lembar penilaian dan tes prestasi belajar. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata dan uji t menggunakan SPSS versi 26. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Media pembelajaran interaktif Qelectro Tech yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi, Media pembelajaran interaktif Qelectro Tech yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat layak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi serta respon siswa dan dari uji coba skala terbatas maupun skala luas pada kelas eksperimen yang menggunakan Media pembelajaran interaktif Qelectro Tech dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan, Media pembelajaran yang dikembangkan menarik, bervariasi dan dilengkapi simulasi rangkaian yang tepat dan efektif dapat membantu meningkatkan pretasi belajar pada pelajaran dasar teknik listrik siswa kelas X pada SMK di Kabupaten Rejang Lebong. Kata Kunci : Media, Interaktif, Qelectro Tech, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:42
Last Modified: 22 Oct 2024 07:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22903

Actions (login required)

View Item View Item