PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran PJOK Siswa Kelas XII MIPA Di SMA Negeri 2 Lahat)

Nurjannah, Yuliana and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran PJOK Siswa Kelas XII MIPA Di SMA Negeri 2 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Tesis Lengkap - wisuda Pdf (Yuliana Nurjannah) - Armaniar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan berpikir kritis pada mata pelajaran PJOK di Kelas XII MIPA 1, (2) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaraan PJOK di kelas XII MIPA 1, (3) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK di kelas XII MIPA 1. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 1 semester 1 sebanyak 28 orang. Untuk sampel kuasi eksperimen siswa kelas XII MIPA 2 sebanyak 28 orang dan untuk kelas kontrol adalah kelas XII MIPA 3 sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa, (2) Analisis Pre-test dan Post-test, (3) Analisis uji-t Prestasi Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PJOK di SMA Negeri 2 Lahat Tahun Pelajaran 2023/2024. (2) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadi motivasi tersendiri bagi siswa dalam mengikuti materi pelajaran (3) model pembelajaran Problem Based Learning, efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK. Kata kunci: Berpikir kritis, prestasi belajar, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:42
Last Modified: 22 Oct 2024 07:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22905

Actions (login required)

View Item View Item