Sugama, Mardi and Sapri, Johanes and Insanistyo, Bayu (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Pelajaran IPS di Kelas V SD Muhammadiyah Pagaralam). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
Tesis Mardi - Azra Aulannisa.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Muhammadiyah Pagaralam. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Pagar Alam semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Sampel pada penelitian ini adalah untuk kelas PTK yang akan diberi perlakuan model pembelajaran picture and picture adalah siswa kelas V.A SD Muhammadiyah Kota Pagar Alam yang terdiri dari 25 orang siswa, 15 perempuan dan 10 laki-laki. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas V.A di SD Muhammadiyah Pagar Alam. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata�rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Pagaralam. Kata kunci : Model Pembelajaran picture and picture
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:42 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:42 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22906 |
Actions (login required)
View Item |