PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri Seluma)

Najiha, Naili and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri Seluma). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Tesis Naili Najiha lengkap - Naili Najiha.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan E-modul berbasis Canva yang tepat untuk dikembangkan sehingga meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas E-modul berbasis Canva untuk meningkatkan Prestasi Belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi letak Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN Seluma, yaitu SMPN 46 dan SMPN 48 Seluma. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian, lembar respon dan hasil tes siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah rata-rata (mean), uji paired test dan uji independent sampel t-test menggunakan SPSS versi 26. Instrumen validasi ahli dan respon siswa terhadap produk dalam penelitian ini adalah skala Likert. Simpulan dari penelitian ini adalah E-modul berbasis Canva yang dikembangkan dinyatakan layak serta efektif untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : E-modul, Canva, IPS, Aktivitas Belajar,Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:57
Last Modified: 22 Oct 2024 07:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22908

Actions (login required)

View Item View Item