Agustina, Sherly and Sahono, Bambang and Sapri, Johanes (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR (STUDI PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS X TKJ DI SMK MUHAMMADIYAH KOTA PAGARALAM). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS SHERLY - sherly agustina.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Produktif kelas X TKJ di SMK Muhammadiyah Pagar Alam; (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Produktif kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Pagar Alam; (3) mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Produktif kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Pagar Alam. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan keterampilan sosial siswa dan untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan uji t-test. Penelitian dilaksanakan dikelas XTKJ 1 sebagai kelas PTK. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: (1) Penerpan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan Keterampilan Sosial, (2) Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) Penerapan Model Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Keterampilan sosial, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 09:02 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 08:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22911 |
Actions (login required)
View Item |