PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTIONS) UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Mulak Ulu)

Hariani, Sri and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTIONS) UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Mulak Ulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS SRI - MALTA DEPI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instructions) untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Mulak Ulu Lahat. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 SMPN 1 Mulak Ulu Lahat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dalam bentuk soal objektif yang diberikan kepada siswa setiap siklus. Instrumen non tes yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi konsentrasi belajar siswa. Data hasil tes dianalisis dengan cara statistik deskriptif dan data hasil non tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instructions) dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Mulak Ulu Lahat. Kata Kunci: model pembelajaran langsung (Direct Instructions), konsentrasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 09:02
Last Modified: 22 Oct 2024 09:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22912

Actions (login required)

View Item View Item