PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Lahat)

Vanesque, Yanggeta and Sahono, Bambang and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS YANGGETA VANESQIU(NPM. A2M021076) - Yanggeta Vanesqiu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya kelas XII SMA Negeri 2 Lahat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 2 Lahat, dengan kelas XII IPA 1 sebagai kelas PTK, kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 2 Lahat. Kata Kunci: metode tutor sebaya, motivasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 09:02
Last Modified: 22 Oct 2024 09:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22913

Actions (login required)

View Item View Item