Vanesque, Yanggeta and Sahono, Bambang and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS YANGGETA VANESQIU(NPM. A2M021076) - Yanggeta Vanesqiu.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya kelas XII SMA Negeri 2 Lahat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 2 Lahat, dengan kelas XII IPA 1 sebagai kelas PTK, kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 2 Lahat. Kata Kunci: metode tutor sebaya, motivasi belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 09:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 09:02 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22913 |
Actions (login required)
View Item |