Depi, Malta and Sapri, Johanes and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Mulak Ulu Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
THESIS MALTA-dikompresi (3) - MALTA DEPI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Mulak Ulu Lahat. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 SMPN 1 Mulak Ulu. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan tanggung jawab siswa, serta untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Analisis data pada penelitian kuasi eksperimen untuk mengukur pengaruh model pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan menggunakan uji-t dua sampel tidak berhubungan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Mulak Ulu Lahat. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe number heads together, tanggung jawab, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 09:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 09:02 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22918 |
Actions (login required)
View Item |