EVALUASI STRATEGI PEMASARAN DANA MULTI PROTEKSI (DMP) PADA PT ASURANSI JIWASRAYA BENGKULU

Jannati, Jannati and Seprianti, Eka Putri (2009) EVALUASI STRATEGI PEMASARAN DANA MULTI PROTEKSI (DMP) PADA PT ASURANSI JIWASRAYA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
Skripsi Jannati.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) melakukan evaluasi strategi pemasaran Dana Multi Proteksi (DMP) pada PT Asuransi Jiwasraya Bengkulu; (2) mengetahui posisi perusahaan dalam market competion; dan (3) mengetahui strategi pemasara yang efektif dan efisien bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner dan data sekunder yang berupa laporan, referensi dan dokumen pada PT Asuransi Jiwasraya, PT Asuransi Bumi Putera, PT Asuransi AXA Mandiri, dan PT Asuransi Syariah. Metode pengambilan sampel digunakan adalah sensus dengan manajer pemasaran sebagai sampel. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dan analisis CSA. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : (1) Dari kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Bengkulu, ternyata kekuatan lebih Rendah dari kelemahannya. Adapun kekuatan yang dimiliki oleh PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Bengkulu yaitu : Kualitas Produk, Promosi dan Periklanan, Sarana dan Prasarana yang dimiliki, Pelayanan kepada Pemegang Polis, Kemampuan manajerial, pengembangan sumber daya manusia, penarikan tenaga kerja yang baik, hubungan pemasaran dengan produksi, hubungan teknologi dengan permintaan pasar, Hubungan dengan perusahaan, Kepekaan Pada Kebutuhan pasar, Sumber Keuangan, Keunggulan Kedudukan dipasar, Kesetiaan Nasabah, Biaya Produksi yang Rendah, Efektifitas Organisasi, dan hubungan Kerjasama Antar Perusahaan Yang Sejenis. Sedangakan yang termasuk dalam kelemahan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) yaitu : Biaya produk yang rendah, serta promosi dan periklanan. Ini berarti menunjukan mempunyai kekuatan yang cukup besar dan kelemahan yang relatif dalam melaksanakan strategi yang ada; (2) Dari peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Bengkulu ternyata peluang yang dimiliki lebih besar dibandingkan dengan seganap yang dihadapi. Adapun peluang yang dimilki oleh PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) yaitu : fluktasi pertumbahan pasar, kecenderungan penting yang terjadi dikalangan pengguna produk, Pertumbuhan Pasar, identifikasi suatu segmen pasar yang belum terdapat perhatian, investasi yang murah, kekuatan Nasabah, perubahan teknologi, dan Kebutuhan Nasabah yang belum terpenuhi. Sedangkan yang menjadi ancaman bagi PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Bengkulu adalah reaksi dari pesaing utama yaitu: investasi yang murah, perubahan teknologi, Perubahan selera dan pemikiran konsumen, ix Dari peluang dan ancaman di atas memiliki nilai tertimbang 36 dengan kata lain perusahaan memiliki kekuatan bisnis yang masih rendah; dan (3) Dari hasil per- hitungan analisis “Competitive Srength Assesment (CSA)” di atas, maka PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Bengkulu menempati posisi kedua atau posisi penantang pasar (market chalengger). Perusahaan ini memiliki pangsa pasar terbesar kedua setelah pesaing, dalam perubahan harga, kualitas produk, cakupan distribusi dan intensitas promosi. Untuk meningkatkan pangsa pasar keseluruhan, maka PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Bengkulu perlu mencari Nasabah baru, pengguna baru dan penambahan jenis produksinya, sehingga posisi perusahaan dapat ditingkatkan dalam penelitian ini, perusahaan pesaingnya menempati posisi sebagai pemimpin pasar (market leader) adalah perusahaan Bumi Putera. Sedangkan sebagai pengikut pasar adalah asuransi AXA Mandiri dan asuransi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 29 Nov 2013 00:05
Last Modified: 29 Nov 2013 00:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item