PENERAPAN METODE BERMAIN KONSTRUKTIF DENGAN MENGANYAM UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DAN KOGNITIF (Studi Pada Anak Kelompok B Di TK Kartika II-8 Lahat)

Lastri, Yuni and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN METODE BERMAIN KONSTRUKTIF DENGAN MENGANYAM UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DAN KOGNITIF (Studi Pada Anak Kelompok B Di TK Kartika II-8 Lahat). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
YUNI LASTRI_A2M021078(BEBAS PERPUSTAKAAN) - Chandra Arisandy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motorik halus dan kognitif anak melalui metode bermain konstruktif dengan menganyam pada anak kelompok B TK Kartika II-8 Lahat. Desain penelitian digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. PTK berupa siklus tindakan yang terdiri 3 siklus dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek PTK adalah anak kelompok B1 semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Sampel kelompok eksperimen adalah kelompok B2 dan Kelompok kontrol B3 TK Kartika II-8 Lahat. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan hasil karya. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian meningkat secara signifikan pada setiap siklus tindakan terlihat dari peningkatan motorik halus anak dan berpikir logis anak dilihat dari ketuntasan klasikalnya dari siklus I hanya 30% kriteria MB, meningkat pada siklus II sebesar 75% kriteria BSH dan siklus III mencapai 95% kriteria BSB penerapan pendekatan tuntas pada kelompok B TK Kartika II- 8 Lahat. Kata Kunci: Metode Bermain Konstruktif, Motorik Halus, Kognitif Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 09:02
Last Modified: 22 Oct 2024 09:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22921

Actions (login required)

View Item View Item