Lastri, Yuni and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN METODE BERMAIN KONSTRUKTIF DENGAN MENGANYAM UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DAN KOGNITIF (Studi Pada Anak Kelompok B Di TK Kartika II-8 Lahat). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
YUNI LASTRI_A2M021078(BEBAS PERPUSTAKAAN) - Chandra Arisandy.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motorik halus dan kognitif anak melalui metode bermain konstruktif dengan menganyam pada anak kelompok B TK Kartika II-8 Lahat. Desain penelitian digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. PTK berupa siklus tindakan yang terdiri 3 siklus dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek PTK adalah anak kelompok B1 semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Sampel kelompok eksperimen adalah kelompok B2 dan Kelompok kontrol B3 TK Kartika II-8 Lahat. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan hasil karya. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian meningkat secara signifikan pada setiap siklus tindakan terlihat dari peningkatan motorik halus anak dan berpikir logis anak dilihat dari ketuntasan klasikalnya dari siklus I hanya 30% kriteria MB, meningkat pada siklus II sebesar 75% kriteria BSH dan siklus III mencapai 95% kriteria BSB penerapan pendekatan tuntas pada kelompok B TK Kartika II- 8 Lahat. Kata Kunci: Metode Bermain Konstruktif, Motorik Halus, Kognitif Anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 09:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 09:02 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22921 |
Actions (login required)
View Item |